jump to navigation

Apa Yang Terjadi,, Jika Pada Saat Inreyen Motor Di Geber…??? 30 Juni 2012

Posted by Nichoz Ahmad in Lain-lain, Otomotif.
trackback

Ayo ikut bisnis Baru Ust. Yusuf Mansur. VSInetwork, dengan modal 275.000 menghasilkan income puluhan hingga ratusan juta rupiah. Mau klik  ( LINK )

 

Ada yang bilang motor inreyen harus sering di bawa kenceng ( digeber ). Coz,, kalau ga, ke depannya akan lemot. Ada yang bilang juga motor harus sering di bawa nanjak,, kalau ga,, motor bakalan ngos-ngosan di bawa naik gunung. Ada lagi, motor inreyen harus sering di bawa boncengan. Cozkalo ga nantinya akan berat buat boncengan.

Setidaknya itulah saran-saran yang diberikan orang di sekitar saya ketika akan melakukan masa inreyen motor. Tahukah kamu bro,,, seperti di kutip dari yamaha-kaltim.co.id ,,,, Apabila kita mengabaikan masa inreyen di beberapa bulan ke depan atau tahun-tahun mendatang akan terjadi  ;

  1. Konsumsi BBm akan semakin boros
  2. Komsumsi oil akan meningkat (lebih cepat tambah oli/top up)
  3. Kerusakan mesin lebih cepat terjadi

Tentu hal-hal di atas tidak diinginkan terjadi pada motor kesayangan kita. Alangkah baiknya jika kita mengikuti langkah-langkah melakukan inreyen menurut user manual (buku petunjuk) yang disertakan di setiap pembelian motor baru. Toh,,, pihak pabrikan motor lebih tahu di banding orang yang katanya-katanya itu dan juga pabrikan motor sudah mendesain sedemikian rupa,, sehingga lebih tau cara penanganan terbaiknya.

Berikut petikan petunjuk inreyen motor yang saya petik dari buku user manual salah satu merk motor:

Saat paling penting dalam pamakaian sepeda motor adalah, antara periode 0 km hingga 1000 km (600 mil). Oleh sebab itu, kami anjurkan untuk berhati-hati pada masa ini. Karena mesin masih baru, jangan memberi beban terlalu berat. Pada masa ini (1000 km)merupakan masa penyesuaian berbagai suku cadang mesin yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan kelonggaran yang cukup. Pada masa ini, jangan membuka gas secara penuh, sehingga dapat menimbulkan panas yang berlebih.

0 – 150 km

Hindari pemakaian sepeda motor, dengan handle gas terbuka lebih dari 1/3 bagian. Setelah satu jam berjalan, matikan mesin selama 5-10 menit, untuk pendinginan. Variasikan putaran mesin dari waktu ke waktu. Jangan bertahan pada satu sisi bukaan gas.

150-500 km

Hindari pemakaian sepeda motor dengan handle gas terbuka lebih dari ½ bagian. Pergunakan semua posisi gear sesuai dengan kebutuhan. Jangan menjalankan mesin dengan gas terbuka penuh.

500-1000 km

Hindari pemakaian sepeda motor dengan handle gas terbuka lebih dari ¾ bagian.

1000 km-

Sepeda motor jangan dijalankan dengan handle gas terbuka penuh dalam waktu yang lama. Variasikan dengan berbagai kecepatan dan putaran mesin.

Menurut mas bro sekalian gmana??? pilih yang mana???

Demikian masbro,, semoga bermanfaan,, mohon koreksinya kalau salah.

Salam bloger ngapaks…

About these ads

Komentar»

1. absoluterevo - 30 Juni 2012

Geber aja gpp, absoluterevo saya langsung di geber sampai sekarang awet jadinya

2. Nichoz Ahmad - 30 Juni 2012

@absolute,,, hehehe,,, rata2 pda ngomong gtu bro,,, tpi sya ttep manut user manual,,,

3. MWDS - 30 Juni 2012

terus yang bener yang mana……..?

4. Nichoz Ahmad - 30 Juni 2012

@mwds,,, tergantung penilaian masing2,, mau pilih yang slow,, atau geber,,,

5. RC110R Rider - 30 Juni 2012

Disinyalir yg punya warung baru beli motor nih…makan2 coy???
inreyen jangan geber2 bro….aku dulu saat 1000 km pertama alon2 waton kelakon kok…mentok lari 80 kmh di gigi 4… :-)
selepasnya 1000 km coba naik turun gunung…..
menginjak 2000km an..geber (tapi jangan mentok2) tiap giginya…dan sesekali coba top speed….tapi jangan lama2..
Menginjak 3000an km, terserah ente mau kayak gmana… :-)
Sekarang motorku rasanya mantep, performa trengginas tetapi mesin tetap halus…. puaslah

6. Nichoz Ahmad - 30 Juni 2012

@rc110,,, hahaha g bro,,, tu mtor nyomot di google,,,

7. absoluterevo - 30 Juni 2012

Udah 3 taun motor saya awet…! Yg penting kalau masa inreyen ganti oli maksimal 200km motor saya setiap 200km ganti oli terus selama sampai mekanik ahas mas ga salah ni sudah ganti oli lagi :D

8. Nichoz Ahmad - 30 Juni 2012

@absolutrevo,,, 200 km dah ganti bro???? ga salah,,,

9. Octa Mx - 1 Juli 2012

buku panduan slalu berpatokan kilometer yang artinya jarak tempuh. dan mungkin mengabaikan penyimpangan penyimpangan yg terjadi, diantaranya :
+sudah akuratkah pencatatan speed yg ditunjuk speedometer baik itu analog atopun digit..? mengingat sampe saat inipun ada mosi kurang percayanya spido dgn diukur ulang ma gps/garmin. Mana yg benar…? apakah ada merk motor disini yg mengatakan catatan spidonya akurat.
+misal katakanlah dijalankan dgn speed 30 kpj. gigi pertama sampai terakhirpun sanggup menjalankankannya. pertanyaannya, apakah dianggap sama prestasi panas/gesekan/keausan yg timbul pd part” yg berputar/bergerak didlm mesin slama masa awal garansi…?

kalo saya sih, memperlakukan motor baru saya samakan dgn motor lama. terjadi keanehan tinggal klaim ke beresnya, sebab akibat karang” aja ga tau. yg penting ikuti masa km service gratisnya. itu kata yg dibuku garansinya.
+yg dijaminkan tuh part apa n harganya berapa klo dibeli…? garansi yg disebut tidak jauh dari het n pistonnya serta kelistrikan.

10. Imouto - 1 Juli 2012

inreyen pakai metode geber sampe red line … udah pernah nyoba koq, dan fine2 aja tuh. yang penting jangan lupa panasin mesin dulu. ajak putar2 komplek. trus giring ke jalan raya yang rada sepi. geber deh. 200km cukup… ganti olinya.
berikutnya dah pakai normal aja sambil sesekali geber sampai km 500-600 baru masukin bengkel bwt serpis pertama sama ganti oli. abis itu ya silahkan dipakai sesuka hati (gani oli ama serpis ikut buku aja)

11. Bark.mie - 1 Juli 2012

Menurut ane sii.. Lebih baik jangan dulu di perkosa broo.. Santai dlw aja.. Di khawatirkan jika masii dalam keadaan inreyen serbuk.serbuk besi dari hasil pembuatan part masih menempel.. Dan terjadi gesekan hebat jika terlalu di geber dan dapat mengurangi durabilitas mesin untuk jangka panjangnya.. Dan diharuskan segera mengganti oli max 1000KM pertama..Makanya pabrikan memberikan intruksi cara pemakaian awal..agar awet nyampe tua nanti…
.
Itu menurut ane..

12. raya - 1 Juli 2012

kalo di buku manual honda, motor jaman sekarang sudah tidak perlu lagi inreyen karena sudah dirancang secara presisi. waktu pemakaian pertama boleh dipake secara wajar, tapi disarankan tidak digeber habis-habisan.

13. Iwan Budi Santoso - 1 Juli 2012

kalau saya inreyen pasti geber habis sampai redline,dan terbukti diantara motor yang sama dlm kondisi standart motor saya lebih cepat baik di akselerasi ataupun di topspeed,padahal saya termasuk dalam golongan PSK(pria seratus kilo) hehehehe..
FYI: sudah ada 4 motor (RX King’94,Shogun kebo’97,Scorpio’06,Ninja RR ’11)yang saya perkosa dengan cara geber abis waktu inreyen dan kesemuanya sehat2 aja.
selama beberapa tahun saya juga ngga mengerti fenomena apa yang menyebabkan kencangnya mesin motor saya padahal diperkosa habis2an waktu inreyen,baru tahun kemarin saya menemukan jawabannya di sini http://www.mototuneusa.com/break_in_secrets.htm
Silahkan coba sendiri jika anda siap menanggung resiko seperti yang dimaksud owner manual,tapi bagi saya yang didapat adalah kepuasan maksimal.
try this at your own risk!

salam kenal bro :)

14. strifer - 1 Juli 2012

ya… saya juga jaga betul saat inreyen…. tmn2 yg blg suruh geber pas inreyen saya abaikan… soalnya yg tertera di buku panduan pasti sesuatu yg telah diuji dan dibuktikan dan jelas manfaatnya baik…. makanya mendingan ikutin…..

15. Nichoz Ahmad - 1 Juli 2012

@All,,,, sip,,, setiap orang punya pendapat sendiri-sediri,, disertai aargumen + bukti,,, so,,, tinggal kita yang memilih,, mau memperlakukan motor seperti apa,,,toh,, motor2 kita

16. ●○ qwerty ○● - 1 Juli 2012

enaknya yg kredit dp murah atau 0% bisa langsung digeber2 gak takut jebol.
ya kalo jebol sdngkan cicilan baru jalan 2 – 3 bulan, tinggal balikin tuh motor, hitung2 nyewa motor baru.

*pengalaman private kredit revo dp cepek
:-D

17. Nichoz Ahmad - 1 Juli 2012

@qwerty,,,, wkwkwk,,, nyewa motor baru ya bro…

18. kampretz - 3 Juli 2012

Masa inreyen itu masa2 mengawinkan ring piston dengan dinding silinder. Tau kah gimana cara pandai menempa besi. Panaskan, bentuk, dinginkan. Lakukan berulang.

Geber mesin, ring piston dan dinding silinder akan menyesuaikan dengan masing2, lanjutkan dengan mengurangi geberan untuk mendinginkan mesin. Semakin sering dilakukan berulang di awal pemakaian mesin, tingkat kesesuaian ring dengan dinding silinder makin bagus dan ring makin kenyal = endurance untuk tahun2 mendatang lebih bagus.

Bandingkan 3 tahun ke depan dengan motor yg di inreyen pelan2. Silinder baret, knalpot ngebul bakal keliatan di motor yg di inreyen pelan2. Coba kalo ngga percaya.

19. Wasto - 3 Juli 2012

If you treat a dog like a baby, it will be a baby
If you treat a dog like a monster, you will get a MONSTER

Itu prinsipnya gan, kalo inreyen bawa nurut ya mesin ga sepowerful kalo dikasarin, tapi untungnya di masa hidup mesin lebih lama

http://www.mototuneusa.com/break_in_secrets.htm

20. Roy (Ducati Wannabe - Trellis Edition) - 5 Juli 2012

wah kurang tau kalo 0-150km… tapi diatas 150km ane langsung full thortle kalo ada kesempatan… dan sekarang suara mesin super kasar dan berisik… tapi ya itu…

dikala motor laen yang seangkatan udah melempem performa nya nih motor masih ganas larinya…

ya untuk 110cc 2 tak berusia 12 taon yang os0 masih cukup lah ngejabanin motor batangan 4tak std…

tapi yang pasti suara mesin jadi lebih kasar n gak karuan di banding motor yang seangkatan… itu yang ane tau… inreyen nya gak bener…
:mrgreen:

21. Motor AHO (Automatic Hand On) Di Bilang Katrok « Nichoz Blog - 26 Juli 2012

[...] Apa yang terjadi jika pada saat inreyen motor di geber [...]

22. bead revois bms - 30 Juli 2012

biasa aja gan.yg pnting jngn dipake seruntulan aja.

23. AndwiCF - 2 Agustus 2012

sebagai gambaran aja,mbah Dukun (owner blog Indobikermags.com) yang punya moge Ducati aja,melakukan Running In (sejenis Inreyen) terhadap motornya,itu motor yang jelas2 partnya presisi,mahal dan berkualitas tinggi

gmana dengan motor2 yg d Indonesia??

sebenernya pada awal artikel d atas,menganggap bahwa motor kayak anak manusia yang kalo gak dilatih gak bakal kuat nanti kalo besar.

padahal motor itu ya gambarannya kayak orang dewasa,yang semakin hari semakin turun performanya.Makanya butuh Inreyen dulu,untuk menyesuaikan part.Kadang motor yg inreyen bisa rusak,gmana dg yg gak inreyen??

biasanya sih banyak yg bilang,”ahh motor ane yg gak inreyen aja baik2 aja”.Itu dalam 1-2 tahun,gmana kalo 7-8 tahun??bisa jamin gpp??atau 70.000 KM apakah kondisinya bisa sama yg inreyen?

Nichoz Ahmad - 2 Agustus 2012

sip bro,,, motor ane juga inreyennya pelan2,,,

Nichoz Ahmad - 2 Agustus 2012

sip bro,,, emng menurut ane inreyen sangat penting,,, bukan untuk sekarang saja,, tpi untuk 5 tahun ke atas…

motor yang inreyennya bagus pasti umur 5 tahun ke ats performanya lebih bagus dari yang inreyen nya asal2lan,,,

24. someone - 7 Agustus 2012

walah gtu ya bro, untung xeon bpak ane dah kejual :D, tp yg ane rasain antara inreyen “asal2lan” ma inreyen “nurut aturan” hentakan nya lebih terasa yg inreyen “asal2lan” top speednya juga bgusan yg asal2an, ane bandingin antara xeon bpak ane yg dulu ma xeon kakak, tp emang bner sih inreyen yg asal2lan lbih kasar suaranya,
*jika salah mohon ma’af, itu cma pngalaman pribadi :D

Nichoz Ahmad - 7 Agustus 2012

xeon ane di reyen menurut user manual top speed mentok 105 lebih dikit,, pernah nyampe 110km/jam itupun karena ada dorongan angin… kedepannya mudah2han ttep ok,,,

25. Nichoz Ahmad - 8 Agustus 2012

tes

26. nofhendri - 12 Agustus 2012

saya sangat setuju dengan artikel ini… sipp maz bro. Pabrikan yg bikin, mereka yang lebih tau. Ngapain dengar orang yang bilang katanya ini, katanya itu. Yang bilang itu nyetel mesin aja lum tentu bisa, apalagi bikin

Nichoz Ahmad - 12 Agustus 2012

sip mas bro,,,

27. Galang hadi pratama - 13 Agustus 2012

Kok sama kayak di buku petunjuk motor jupiter z1 gw ya
hehe

Nichoz Ahmad - 13 Agustus 2012

motor yamaha kyana smua sama bro,,, heeehe

28. orang biasa - 21 September 2012

zaman udah canggih bro kualitas besi dan baja udah bagus,dan olie juga udah canggih ,udah gak zaman inrayen :D,jupiter mx ane tahun 2005 sampe sekarang belum pernah bongkar mesin tuh,perawan semua paking nya hahahhahahha

29. brigade15 - 23 September 2012

nice info gan, ijin bookmarks yaa. Kalo abis turun mesin trs banyak parts2nya yg diganti juga musti inreyen kyk diatas ya? http://brigade15.wordpress.com/

30. ardan - 24 September 2012

MX 2007 aye dari awal beli udah demen diperkosa rpm tinggi terus gan. sampe sekarang oke2 aja.
tapi aye rajin servis + ganti oli lah pastinya.
demen ane ajak touring juga.
Alhamdulillah masih sehat gan. :)

belum pernah bongkar mesin juga. masih wuss wuss ko. hehe.

31. cantona - 3 Oktober 2012

setelah stang sehe semua di ganti masih berisk sauranya tok tok tok kenapa nya ,atau mesin belum nguai…?mohon jawabanya

32. Anonymous - 7 Oktober 2012

hmm motor gw . gw geber habis habisan gak tau deh gimana nasip motor gw
tp yang pastinya motor gw jgn ampe tlat ganti oli ajj ….

tapi motor gw udah kluar asep hitam nahh itu dia yang bwt gw gugup so baru 300 km

joko - 21 Oktober 2012

ortuku inreyen pelan2 dan knalpotpun sukses ngebul bro,,, bener kata ente..
bahkan ini terjadi sejak pertama pemakaian.
#motornya 2 tak :D

33. yuda - 22 Oktober 2012

beli motor tuh sma kyak milih pacar mas brow kbeh,.
Klo emang jodoh ma kita awet2 aja

TOP SPEED

Pengalaman sendiri,,
motor blm smpat inreyen langsung dbobol maling,.
Alhdllh masih rejeki..
Wajarlah orang hasil kerja keras

nanda akpra - 31 Oktober 2012

Gini bro,,, gmna caranya inreyen ninja rr 150?? Apakah langsung ϑΐ polin gas nya atau menunggu sekitar 2 minggu baru ϑΐ polkan gas nya? Kta tmn” quw dlm wktu 1 minggu н̲̣̣̣̥α Я̩̥̊ϋz̲̣̣̣̥ ϑΐ polkan gasnya supya motor tidak lemot? Apakah itu benar?? Tolong jawabannya…

34. Siska - 5 November 2012

maen perasaan aj gan kalo reyen, jgn terlalu berlebihan… inreyen ngebosenin lho gan, klo q pake rata aj, asal ga sering disentak tu handle..n penggunan transmisi sesuaidengan kecepatan.

y asal tau aj gan, sebelum sampe ke konsumen tu motor kita dah diperkosa duluan.. :(
kyk mtr ninja ane, meraung2 dijalanan disikat ama mekanik beres.. tp fine2 aj kq, lagian kn ada garansi 3th

35. adibaseng - 7 November 2012

weh.. klu motor baru langsung gas pool atau buat boncengan yg berat2 dijamin daleman mesin akan cpt berantakan.minimal sdh 500km bru lah buat kebut dikit gak papa asal jng mentok gas.Mesin msh bru msh saling berbenturan artnya belum licin.Jd gak heran bnyk msh dipakai 1-2thn sdh lemut 4thn berasap lebih2 m honda cpt ngadat.Sperti vixion topspeed mentok 115km/jam.padahal normalnya 129km/jam,byson 90km/jm.kalah dng minerva 120km/jam.masalah nya tetap bukan pd motor tp gak suka baca buku.yg disalahkan merk motornya

36. adibaseng - 7 November 2012

jd inget motor ktm sy dulu hrg bru 7,jutaan.100cc.prnah boceng cwk ngebut tenaga ngacir 99km/jam msh sisa dikit gas .lah…sekarang sy heran bnyk org gila motor dan kredit motor bagus2tp kredit blum lunas tarikan dan topspeed sdh lemut,kebanyakan motor nya abg.jd sy sarankan klu beli motor bekas milik cwk aja atau org tua yg blum pny anak gede,dijamin bagus dalemannya.kyak m smash sy th 2005 sampai sekarang belum bongkar mesin,belum dandan hny rantai dan ban doang,tarikan msh enteng topspeed msh tembus 90an keatas,gancir gak tuh wlu berboncengan. dulu beli pny janda sbab reyen nya bagus.

37. adibaseng - 7 November 2012

sperti motor non japan skrang sdh pd canggih murah lg ya karna pajaknya murah

38. Anonymous - 8 November 2012

Thanks mas bro…

39. ulynkin park - 15 November 2012

sudalah yang utama dari perasaan pengendara jika perasaannya menyatu dengan kendaraannya maka akan trjadi suatu kekuatan yang tidak bisa dibayangkan,meski dingebutin terus,contohnya motorku RX-KING sampai sekarang masih masi awet kalo mau ngebut dengan NINJA waduh saya kasi makan asap dia,apalagi FU mau macam-macam huw….. talempar oli samping dimuka pengendara FU, THANKS……….

40. Bos Honda: Penyeragaman ECU Tak Kurangi Biaya Balap MotoGP | motogpnews.biz - 20 November 2012

[...] HRC Sepakat dengan Spesifikasi Baru ECU di MotoGP 2014Apa Yang Terjadi,, Jika Pada Saat Inreyen Motor Di Geber… [...]

41. Andry Mardiansyah - 26 November 2012

apa pun itu semua pasti ada aturan dan tahapanya

Andry Mardiansyah - 26 November 2012

“y asal tau aj gan, sebelum sampe ke konsumen tu motor kita dah diperkosa duluan.. :(
kyk mtr ninja ane, meraung2 dijalanan disikat ama mekanik beres.. tp fine2 aj kq, lagian kn ada garansi 3th”
bener gan.. hahahaha

42. Nda brandalz - 27 November 2012

Thanks u mas broo. . Tas saran’y. . .

43. baron - 1 Desember 2012

Gas poll

Anonymous - 1 Desember 2012

bagi yg dompet tebel bro

44. Anonymous - 4 Desember 2012

kutipan artikel yg bagus bro, namun akan lebih topcer pakai masa BREAK IN HAYABUSA.lebih detail…salam.

45. motor kreditan - 12 Desember 2012

geber aja bro… harga motor skrg murah,500rb jg udh bawa motor pulang. klo rusak tinggal di tuker, klo gak boleh ya gak usah dibayar cicilanya. nyari yg laen

46. i'm not a street racer . i'm sentul racer - 28 Desember 2012

mau indreyen atau udh ga indreyen , dijalan mah nyantai2 aja bro.. ga usah ngebut2… nyawa ga ada yg jual bro….

47. andris - 27 Januari 2013

Indreyen digeber … Biar bagus ..haha… Bohong aja luh … Jangan dengerin tuh … Motor mereka sendiri aja dielapin terus … Dibersiin .,,sampe tidur bedua ama motornya kali…. Boro2 ngegeber motornya ..dipinjem aja enggak boleh kok

48. suprasetyo@gmail.com - 30 Januari 2013

Mending nurut ja buku panduan..jgn asal geber..mtr baru ibaratnya itu spt bayi baru lahir..masa mau dipaksa lngsng bisa jln palagi lari..g mungkin bisa..smua ada tahapannya ngesot dulu merangkak..brdiri..jln baru lari..

49. aldika falera - 4 Februari 2013

Saya mengemukakan masalah terhadap motor kawasaki ninja bahwa sebaiknya daeler kawasaki jika ingin membuat motor ninja sebaiknya di buatkan pengaman pada tempat pemasangan kunci agar pelanggan merasa aman dan sekarang banyak daeler-daeler yang sudah membuat pengaman seperti daeler honda,suzuki,dan yamaha jadi saya memohon agar dapat di laksanakan dan konsumen merasa lebih puas

50. uluh itah - 12 Februari 2013

Bila jalan lurus dan lapang serta aman, geber aja gas penuh, tapi jangan lupa kalau motor sering di geber pemakaian tiap hari perhatikan oli mesinnya, sebaiknya ganti rutin tiap 1000km… biar mesin awet tidak berasap…

51. echiizato - 15 Februari 2013

gw si pake normal aja, buka tutup gas seenaknya
ganti oli di km200, dan 1000
sampe sekarang si belum masala

52. baim - 16 Februari 2013

pabrik yang buat motor pasti pabrik yg lebih tau soal motor yang mereka buat. so jgn pada sok tau kalau inreyen ikutin katanya orang ini itu bkin mesin jadi enak

Anonymous - 17 Februari 2013

Koplak ;D

53. Steve Erwin - 23 Februari 2013

ne fakta gan
gw punya jupiter z thn 2007,pemakaian 2008
pertama bli langsung gw geber,
gw boncengan 1 harian jln2
larinya ampe 120
kalo gw sendiri cuma 125
beda dikit kok gan
ampe skrng lum pernah bongkar mesin kok gan
oli pun ganti bkn liat dari km nya gan
tapi diwajibkan ganti sekali sebulan
ampe skarang gk ada masalah kok
jd smw tergantung perawatan kok gan,.,.,.
bulan 3 ne motor saya pas 5 thn,.,.,.

54. jofrin - 24 Februari 2013

pake biasa / normal aja…trs ganti oli pertama di 200 km…perhatiin bekas oli pasti uda byk serbuk2 logam…habis itu ya ikutin aja servis 1 en ganti oli di 1000 km…semua motorku sukses melewati inreyen dgn baik en tanpa kendala….mo adu irit bole….mo kenceng jg ok

jofrin - 24 Februari 2013

nunggu kelamaan bro…knp gak coba aja smart key-nya BRT…dijamin mesti motor uda dibobol pake kunci T kagak bakal bisa dihidupin….tp enath kalo si maling bawa pikap ato box :)

jofrin - 24 Februari 2013

maklum bro…motor masih baru seperti pengantin baru donk…masak dipinjemin wkwkwkwk

jofrin - 24 Februari 2013

waduh bro…motor2 RPM tinggi ama CC gede dibandingin ama motor 250 cc kebawah….coba baca buku pedoman ER6 ato Ninja 650 dijamin bakal pening cara inreyen-nya….intinya aja inreyen itu tetep penting tp jangan berlebihan kayak priyayi di jalanan kayak jalan gak lebih dari 40 km/jam…

55. fortisiks - 27 Februari 2013

panasin oli mesin ke temperatur kerja, geber 5 detik rpm tinggi full throttle di jalan sepi, langsung dinginkan. ulangi lagi, ganti oli pertama dan filter, ulangi lagi. ganti oli tiap 200km hingga 1000km tercapai. setelah 1000km penggantian oli tiap 1000km motor tetap diperkosa hingga 4000km.

sudah saya praktekan dan oli mesin tidak berkurang sedikitpun. tenaga mantap. mesin tetap halus.

intinya geber jangan sampai overheat, dan oli harus sering diganti.

56. fin - 18 Maret 2013

boss minta saran buat reyen satria fu gmn y…

57. kholidjr - 21 Maret 2013

Kalo setelah turun mesin juga harus inreyen gak bro?

58. http://www.yamaha-motor.co.th/Product/Product.aspx?ProductID=89 - 23 Maret 2013

I am no longer sure where you are getting your info, but great topic.
I must spend a while studying much more or working out more.

Thanks for fantastic information I used to be in search of this information for my mission.

amros - 25 Maret 2013

tahun 2003 ane beli supra x 100cc baru, mula2 masa inreyen pelan2 tapi pas kilometer dah nginjak sktr 200 km-an, digeber langsung dan tes naik gunung curam, walhasil mesin tetep halus dan tahun 2012 nie motor masih sanggup naik gunung bertiga joki 75 kg, sohib lebih berat sktr 85 kg dan 80 kg-an, skrg tahun 2013 masih sehat wal afiat dan belum turun mesin, tp krn bosan diwariskan sj ke kk dan skrg pny jupiter z1 msih inreyen km baru 22 km.

59. Ketut B Y - 27 Maret 2013

Bagamana kalo tuk boncengan?

60. Anonymous - 28 Maret 2013

Kalo untuk inreyen bagi mesin yang baru ganti piston gede gmn.?so tu kn piston.a msih keset,,,.,
Cz dh 2x gua gnti piston jem melulu

beluk - 30 Maret 2013

gue jg punya xeon dg boncengan total berat 120kg masi lari 110kpj.apalagi jl menurun120.tp dg inreyen menengah.

61. clas mild - 11 April 2013

stahu saya,,,,,,,
motor ntuk versi skarang sdah direyen langsung oleh pabrikan.
karena pihak pabrikan kurang prcaya oleh konsumen yg cara reyen yg asal2an dan stelah part rusak mlah myalahkan dan mncemarkan nama baik pabrikan yg memproduksi masing2 merk motor.
sperti punya saya new vixion 2013, baru km 32 aja larinya udah kyak setaaaaaaaaan….
sy jd bingung,,,,ini ma gk usah reyen aja udah berani tempur buat balapan. hehehehe

62. fery ardiansyah - 14 April 2013

Sy mau nayak ni sm mas bro….
Sy kan br beli motor yamaha jupiter mx dan bs saya isi bhan bakar, dn stlah itu sy nyalakan mesin tp kok tedengar suara tok tok tok tok di bagian blok mesin, sy bingung padahal itu kan motor baru….
Apa itu cmn ciri khas suara jupiter mx?….
Kt org2 itu krna blom di seting klep nya, klo motor br itu msti si set dl stlah 500 km.
Mohon solusi nya mas bro…..

63. dawier - 17 April 2013

yang penting cara menarik gas.nya di urut bro, jgn langsung betot gt aja, n juga jgn sampe mesin teriak, biar semua part2nya bisa saling menyesuaikan, n juga lihat buku panduan patokan2 top speednya

64. CETOX - 17 Oktober 2013

JANGAN SEPELEKAN INREYEN..
tapi ya sak karepmu lah..

65. fanpro - 30 Oktober 2013

ane inreyen motor verza baru,setelah 100Km agak ane geber halus aja, maks 90Km/jam hahaha


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 155 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: