jump to navigation

Prinsip Kerja Dan Fungsi Tombol Pada Alarm Motor 5 Agustus 2012

Posted by Nichoz Ahmad in Lain-lain, Otomotif.
trackback

Gambar

Pengaman motor emang sangat penting bro,, apalagi maling sekarang semakin cerdik. Gak sampai 5 menit motor di tinggal, bisa-bisa sudah raib. Maka dari itu, motor butuh pengaman yang praktis, simple, gak ribet. Yup,, alarm motor bisa jadi solusi.

Melanjutkan artikel yang kemaren (alarm motor bikin aki tekor?? Gak juga tuh),,, kali ini saya akan membahas prinsip kerja dan fungsi tombol alarm motor merk agiva. Ok bro,, cekibrot…

Pada prinsipnya alarm motor bekerja menggunakan sensor getar. Artinya apabila alarm di aktifkan, kemudian ada getaran , maka alarm akan bunyi dan memprotek semua sistim kelistrikan.

1. Tombol kunci (gambar gembok nutup)

Apabila tombol ini di pencet, maka alarm akan aktif. Segala sesuatu yang membuat sensor ini bergetar, maka unit alarm akan membunyikan sirine. Satu kali motor kesenggol, sirine akan bunyi 1 kali. Kesenggol yang ke dua kalinya, sirine akan bunyi 5 kali dengan berbagai nada. Setelah itu sirine mati lagi. Begitu seterusnya. Jadi gak usah khawatir,,, alarm akan bunyi terus. Kalau motor gak di gondol maling (Cuma di geser tukang parkir) nantinya pasti akan diam lagi.

Selain membunyikan sirine,, unit alarm juga memprotek sistim kelistrikan. Aliran listrik ke coil di putus langsung oleh unit alarm. Jadi apabila maling berhasil meng “ON” kan kunci kontak, stater tetap berfungsi,, tapi mesin gak akan hidup. Di kick stater pun demikian. Mau di kick ampe gempor pun motor gak akan hidup. So,,, motor akan tetap aman.

2. Tombol buka kunci (gambar gembok di bukak)

Tombol ini berfungsi menon aktifkan alarm. Apabila tombol ini dipencet, motor dalam kondisi (standar) seolah-olah tidak di pasang alarm.

3. Tombol Starter (gambar halilintar)

Tombol ini berfungsi untuk menstarter motor dari jarak jauh. Caranya,,, pencet tombol ini 2 kali. Untuk mematikannya cukup pencet tombol buka kunci (gambar gembok di buka)

4. Tombol alarm (gambar speaker)

Tombol ini memiliki 2 fungsi. Pertama berfungsi untuk membunyikan alarm. Ini untuk memudahkan mencari motor apabila di parkir di parkiran yang luas. Tinggal pencet,, cari sumber suara,, ketemu deh motor. Kedua,, tombol ini berfungsi untuk mengatur kepekaan sensor getar. Caranya,, pencet tombol ini sekitar 3 detik. Level 1 di tandai dengan bunyi (cuit) 1 kali. Level 2,, bunyi 2 kali,, begitu seterusnya sampai level 5. Pencet tombol ini 1 kali lagi untuk memilih level yang di inginkan. Level 5 adalah yang paling sensitif.

 

O iya masbro,,, saya sarankan kalau mau pasang alarm mending pasang sendiri. Kalau gak bisa nyari temen yang ngerti kelistrikan motor. Di dus nya dah ada skema cara pemasangannya. Pengalaman temen-temen saya,, kalau di pasang di bengkel terkesan asal-asalan. Kabel asal nempel, trus di solasi. Alhasil alarm cepet rusak. Bukan unitnya,, tpi cara pemasangannya yang kurang baik membuat kabel-kabel gampang lepas. So,,, pasang sendiri trus di solder. Insya Allah awet. Buktinya punya saya yang merk taco bell dah 3,5 tahun lebih masih joz,,, Yang ini (merk agiva) dah jalan 6 bulan lebih  Alhamdulillah masih berfungsi dengan baik.

Gmana masbro,,, any question???

Semoga bermanfaat,,,

Salam bloger ngapaks,,,

About these ads

Komentar»

1. MWDS - 5 Agustus 2012

anti maling tapi hemat aki……….???

mau donk……..!!!

*ikuuuuuuuut……..

Nichoz Ahmad - 5 Agustus 2012

beli bro,,, hehe

2. axo92 - 5 Agustus 2012

wah asik..
kisaran berapa harganya mas? trus itu pake potong kabel nggak to?

3. Taufan Septiansyah - 5 Agustus 2012

wahh bagus skali bro ilmunya,,, :) jd pengen beli..haha,,ada pertanyaan lagi,kan di saranin beli yang agiva kemaren,tuh masih harus beli alat2 laen untuk mendukng pemasangan alarm itu ngak? terus kalo buat aki basah mau jalan? coz motornya karisma,jd pkenya basah..dan lagi akiku sekarang usianya dah lumayan,udah skitar 2,5 th,,tapi buat stater masih jalan…itu alarm kuat di angkat engak?

Nichoz Ahmad - 5 Agustus 2012

taco bell ane dulu beli 250,, agiva beli seharga 220, yang di bawah pego (150) juga ada bro,,, targantung merk,, belum termasuk relai,,, relainya lupa harganya,,,

ada yang di potong bro,,, makanya harus di solder,,, tpi klo bengkel yang masang biasanya gak di solder,,, makanya cpet rusak,,, ane juga minta pasangin ama temen ane,,, hehehe,,, gak ngerti kelistrikan motor,,, smknya elektronika,

Nichoz Ahmad - 5 Agustus 2012

gak harus agiva bro,,, merk lain banyak ko,,, malah menurut ane taco bell lebih bagus dari agiva,,, emng harganya jga lbih mahal,,, hihihi,,, yang di bawah pego juga ada,,, asal masangnya bener insya Allah awet,

ada bro,,, relai buat stater,,, harganya lupa,,, klo ga salah yang 15000 ada,,, yang 5000 juga ada,,, tinggal pilih,,,,

punya ane yang taco bell di pasang di jupi burhan,,, akinya juga aki basah,,, asal di starter ok, insya Allah bsa,,, tpi klo starternya dah berat ya percuma,,, paling alarmnya aja yang fungsi,,, (starter jarak jauh kan buat ngerjain orang wkwkwk,,,,)

4. yogie - 6 Agustus 2012

Tukune nang ndi kui mas…

Sampean banyumase ndi mas…

5. Taufan Septiansyah - 6 Agustus 2012

haha…tanya lg blh to broo :D ramein ..ada satu lagi,saya tu gag tau apa2 soal motor..and gag ada temen yang tau kelistrkan motor…buat sarannya misal kalo di pasang di AHAS gt dy bs ngak yaa,and mau engak wat masanga,atau dibengkel gede gt…?hehe

6. paedhimas - 6 Agustus 2012

punyaku dari pertama keluar dieler langsung tak pasang alarm itu,sampai sekarang hampir 2 tahun aki nggak ada masalah,bro.. aman aman baen lah… :D

Nichoz Ahmad - 6 Agustus 2012

taco bell e tkune ng purwakarta,,
agivane tuku nang otista jakarta,,,
aq ya nu ntip kncane,,,
banyumase sumpiuh bro,,,

Nichoz Ahmad - 6 Agustus 2012

hehe,,, boleh bro,,, ini blog kan buat ajang diskusi juga,,,,

klo pengin yang masang bengkel ,,, belinya di bengkel juga aja,,, biasanya bengkelnya mau,,, atau kalau ga,,, nyari bengkel yang bsa masang,,, banyak ko,,, bukan beres tpi,,, beres gak tau sh mau apa gak,,,

klo yang msang bengkel klo bsa di liatin masangnya,,, tar sampai rumah di solder ulang (kalau bsa),,, tpi ati2,, klo nyolder sendiri,,, takutnya ada kbel yg lepas kemana nyambungnya gak tau kan repot,,, hehehe

Nichoz Ahmad - 6 Agustus 2012

mantep bro,,, punyaku dah 3,5 taun nih,,,

7. kharis27 - 6 Agustus 2012

ajib ,.,.,. ane malahan blum pasang yang kyak beginian :mrgreen:

Nichoz Ahmad - 6 Agustus 2012

pasang bro,,, biar keren,,, xixixi

vixy182 - 6 Agustus 2012

mending pasang lgsung di toko nya aja sama mekanik nya langsung dri pada di beres :-)

8. yogie - 6 Agustus 2012

Lho…
Sumpiuh bukane melu cilacap gan…

Yo wes thank inponya lam kenal gan,ane jatilawang…

Nichoz Ahmad - 6 Agustus 2012

sumpiuh banyumas bro,,,
lam kenal juga bro,,,

Nichoz Ahmad - 6 Agustus 2012

betul,,, klo bsa jangan di beres,,, mekaniknya belum tentu bsa,,,

axo92 - 6 Agustus 2012

o gtu.. :-?
yg dipotong ada berapa kabel bro? banyak nggak?
bagian apa aja?

9. kacer - 6 Agustus 2012

Beda ya sistem tombolnya sama punya ane, ane pake e-lock. Ada tombol programnya (P).
Truz kmren liat di ahass juga ada alarm keluaran BRT, kunci alarmnya kayaknya gak ada tombolnya, katanya pake sistem immobilizer. Ada yg udah pake?

Nichoz Ahmad - 6 Agustus 2012

ga banyak ko bro,,, plng cma nyambung2 dikit doang,,,
klo mtornya matic lbih ribet lagi,,,

miauwsaber - 6 Agustus 2012

pernah liat ulasan yang apke immobilizer bro di Kas*us, remotenya ngga ada tombolnya sama se X, remote ini wajib di bawa bersama kita, sebab jika tidak motor tidak akan hidup sama se X, jadi bila sewaktu2 motor kita di rampas di jalan ataw bagaimana, begitu jauh dari kita sekitar 5-10 meter, motor akan mati sendiri, praktis (bagusnya remote ini jangan dijadikan satu dengan gantungan kunci motor, tapi di simpan di saku, dompet, ataw tempat tersembunyi di tubuh/tas kita juga bisa)…. jadi kesimpulannya = remote ini seakan memancarkan sinyal yang terhubung dengan alarm yang tertempel di bodi motor, begitu jauh dari yang empunya motor,otomatis dia mati … CMIIW sebelumnya, saya cuma baca di Kas*us, rencana pingin masang alrm IMMOBILIZER ini cuma harganya lumajan zoale , sekitar 700-800 rb-an … >,<

10. Alfido™ - 6 Agustus 2012
Nichoz Ahmad - 6 Agustus 2012

lebih aman lagi ya bro,,, tpi harus di bawa trus tuh,,, gk boleh ketinggalan,,,

Nichoz Ahmad - 6 Agustus 2012

sip bro,,,

11. Anonymous - 6 Agustus 2012

buat motor injeksi yang cocok pake merk yang mana ya gan?

12. green - 6 Agustus 2012

jan warunge rika tambah rame deneng kang. Sip lah infone.

Nichoz Ahmad - 6 Agustus 2012

wah,,, kalau injeksi ane belum tahu bro,,, soalnya ada ecunya,,, takutnya ganggu tu ecu kan repot… kpan2 insya Allah saya tanyain ke temen ane,,,

13. yudha depp - 6 Agustus 2012

SEMOGA TUKANG PARKIR KAGAX JATUNGAN
DENGER ALARM SUARA KENCENG
HEHEHEE

http://yudhadepp.blogspot.com/2012/08/tampilan-baru-honda-supra-x-125.html?m=0

Nichoz Ahmad - 6 Agustus 2012

hehe,,, sip lah kang,,,makasih dah mampir,,,

Nichoz Ahmad - 6 Agustus 2012

wkwkwk,,, pernah malem2,, di parkir di bawah pohon,, trus di starter jarak jauh,,, alhasil orang yang liat langsung lari,,, di kira ada penunggunya… wkwk

Kacer - 7 Agustus 2012

Ow gitu ya bro, kalo yang ane lihat kemaren cuma 350ribuan bro

14. Taufan Septiansyah - 7 Agustus 2012

sulitnya cari erk agiva ato taco..adanya panastar (160rb),diki(140rb),willwood(215rb)..ada saran gag gan yang mana? smua nya pada gag brani masang and garansi..hmm,tpi pada ngasih tau tempat bangkel buat msangnya…ada tadi pelanggan yang udah make merk diki,dah 4 bula aman aja ktanya…pilihh yang manaa yaaa :D hehehe

Nichoz Ahmad - 7 Agustus 2012

waah,,, jujur bro,, ane baru tau 3 merk itu,,, klo bsa nyari yang ada fitur senyapnya,, trus nyari yang nyeting sensitifitasnya pake renote. soalnya ada juga yang masih manual, (pake obeng. )

15. New Vixion Dah Nyampe Asembling (Body Assy) « Nichoz Blog - 7 Agustus 2012

[...] Prinsip kerja dan fungsi tombol pada alarm motor Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this. [...]

Taufan Septiansyah - 7 Agustus 2012

kalo di boyolali mah tempat asesoris pada jual yang 3 merek itu..kalo yang diki terkesan murah,tapi lumayan jg sih modelnya..yng panastar tu bagus jg ada senyap,dah terkenal juga kok,yang willwood keunggulannya jarak remote 500m di kardus tulisannya.. kalo yang Diki tu buatan indo qt tercinta kalo gag salah ..hehe

Nichoz Ahmad - 7 Agustus 2012

wahh,,, ane gak bsa milihin bro,, silakan pilih menurut hati nurani,,, wkwkwk,,, coz ane belum pernah nyoba yang itu,,,

16. Bahaya!!! Isi Bensin Sampil Telpon Bisa Terbakar « Nichoz Blog - 8 Agustus 2012

[...] Prinsip kerja dan fungsi tombol pada alarm motor [...]

17. Kawasaki Akan Bikin Ninja Versi Listrik Bro « Nichoz Blog - 9 Agustus 2012

[...] Prinsip kerja dan fungsi tombol pada alarm motor [...]

18. Yimm,, Penyebab Utama Aljlognya Penjualan Yamaha Global « Nichoz Blog - 10 Agustus 2012

[...] Prinsip kerja dan fungsi tombol pada alarm motor [...]

19. Di India Kawasaki Ninja 650 R Di jual Rp85 jutaan « Nichoz Blog - 10 Agustus 2012

[...] Prinsip kerja dan fungsi tombol pada alarm motor [...]

20. Pak Jali - 15 Agustus 2012

Nice info.. Skrg honda pnya motor yg langsung punya alarm, sistem anti theft alarm. Honda PCX, mendeteksi getaran atau perubahan besar pd posisi si motor. Battery pun hemat karena sistemnya bisa diaktivkan/nonaktiv dng remot controlnya, ada lampu indicatornya di speedometer.

Nichoz Ahmad - 15 Agustus 2012

sama2 pak jali,,,
nah klo dah bwaan pabrik lbih ama tuh,,, seandaynya smua motor bwaan pabrik di kasih alarm

21. suyadi - 17 Agustus 2012

kabel/ sistem bgian apa yg d jump dngn alt trsbut, Sy pke agiva persis dfoto, mtor sy jup mx,
tlong pnjlasnya, lg mudik malah error ni..
Terimakasih

Nichoz Ahmad - 17 Agustus 2012

sory masbro baru buka,,,,

sementara copot soket utama yang ke mesin alam bro,,, motor akan normal lgi sperti sediakala.. kemungkinan ada kabel yg lepas atau konslet tuh…

22. putrabms - 22 Agustus 2012

mantap gan infonya…
mau tanya gan bengkel disumpyuh yg bs masang alarm di mana gan?
sy asli kemranjen dah beli alarm agiva tp ga bisa masang ndiri.,

23. putrabms - 23 Agustus 2012

klo ga keberatan jwb lewat sms gan,soalnya saya jarang buka internet,sblumnya makasih banget gan…

Nichoz Ahmad - 23 Agustus 2012

motore apa bro,,, kemranjene ngndi?
psang bareng2 bae yuh,,, ben paham…

24. bonang - 1 September 2012

tanya bro, alarm motorku kok uda mati atau rusak padahal baru 2 bulan pasang, itu karena apa nya bro…!!!
mksih bro…………

Nichoz Ahmad - 1 September 2012

cba d chek smbungan kbelnya bro,, ad yg lpas klii..

25. jj88 - 1 September 2012

bro, klo pasang alarm di motor, pake acara guntinggunting kabel bodi gak?

Nichoz Ahmad - 2 September 2012

iya bro,,, tpi cma tempel2 doang,,, jdi klo misal ada masalah,,, tinggal lepas soketya aja udah beres,,,

jj88 - 2 September 2012

jadi ngga dilewatin alarm ya bro keistrikannya?

Nichoz Ahmad - 2 September 2012

gak bro,,, cma di tempelin doang…

26. Rossi Tinggalkan Ducati dan Kembali Ke Yamaha | motogpnews.biz - 14 September 2012

[...] Jelang Musim Baru, Ramai-Ramai Cuci Gudang – Bolaindo.comAmbisi Juara, Lotus Gunakan DRS Ganda di Sisa MusimHonda resmi suntik mati Spacy karbu dan Supra X125 Helm-in….Info mudik bareng Honda…..hari minggu finishing brosis!!Polling : Engine no kick starter vs kick starter…….pilih manaPolling : Engine no kick starter vs kick starter…….pilih manaNichoz Blog [...]

27. gadis - 19 Oktober 2012

alarm yg ccok untuk bajaj pulsar 220 cc merk apa yaa?

28. Herbow - 13 November 2012

bro… tu refrensi atas yg no 4. gambar berlaku untuk alarm AGIVA aja atau untuk semua merk alarm??? coz agiva yg sekarang tombolnya gembok tutup, gembok buka, petir dan lonceng….
klo yg lonceng untuk apa ya bro…. apa sama dengan speaker???

Nichoz Ahmad - 13 November 2012

ow iya brow,,, maksudnya itu gambar loncheng,,, bukan speaker,,, heee

fungsinya sama seperti di atas bro,,, ane punya 2 merk, taco bell sama agiva,,, 2 2 nya sama,, bednya yang taco bell gak ada fitur senyapnya..

Herbow - 13 November 2012

ane sebenernya dah pasang alarm merk AGIVA yg lama tahun 2005 an di my shogun tu tombol ada 4 yaitu 2 gembok , speaker silang ( silent ) n petir.. yg ane mau tanya ane ni kan beli motor axelo lah pas kemarin ane COD ke toko2 alarm ternyata merk AGIVA NEW tombolnya beda dengan yg AGIVA ane punya… klo AGIVA NEW 2 gembok, lonceng n petir… nah yg untuk SILENT ALARM tu berarti sudah ga ada n diganti lonceng sebagai pemindai letak motor gt????
mohon pencerahannya… ane bingung gan… takutnya sudah beli eh… ga ada SILENT ALARMnya… coz ane sering banget pke tu silent alarm…..

Nichoz Ahmad - 14 November 2012

Kalau yg tpe seperti ini tombol silent nya udah terintregasi dengan tombol gembok nutup bro,,, tinggal pencet 1 x (gembok nutup) tahan sekittar 3 detik sampai lampu sen berkedip,,, silent dah aktif

punya ane juga tak kasih relay bro biar gak bunyi ,, soalnya tipe ini kalau mau men silent masih ada bunyi “cuit” 1 kali, kadang risih juga,,, makanya tak modifikasi di tambahi relay pada out speker.

Herbow - 14 November 2012

ok deh… trima kasih banyak atas pencerahannya….
oh ya… btw agan jual juga tu alarm ga???
ane pernah tinggal di perum tanjung elok lo di daerah tanjung…..

Herbow - 14 November 2012

oh ya gan untuk suara masih sama seperti agiva dulu kan alias 1 jenis suara seperti sirine polisi??? ato seperti odong2 suaranya ganti2????

29. rico - 16 November 2012

bro, sinyal remote pake frekuensi seperti radio ya?
ato infra red?

Herbow - 16 November 2012

pke frekwensi radio brow….

Nichoz Ahmad - 17 November 2012

Yang dulu kurang paham bro,,, tpi yg ini ganti ganti kaya odong odong :-D

Faridz - 25 November 2012

Relay itu apa bro ?

ipul - 30 November 2012

bro mau tanya. ane dah pake agiva waktu tombol gembok tutup di pencet mesin masih bisa idup pake kunci kontak nah ada yang punya pengalaman sama. kalo kayak gitu kenapa ya

30. Suryadi - 24 Desember 2012

bro ipul,, ane juga mangalamu seperti itu…, tpi kadang2 soh kalo punya ane, kadang bisa di nyalain kadang gak bisa…
ane juga bingun
dan untuk semuanya mohon pencerahannya donk..ane punya kasus nih.
1. tuh kan ane silent dari remote,,teruz ane nyalain kunci kontaknya pake kunci ke on.., tapi kok gak ada bunyi alarm yg berbunyi,?? cuma kedip2 4 sein aja, emank kayak gitu yahh kalo fungsi silent..??
terus kalo gak pake remote silent, baru dah bunyi,, tapi agak berisik, soalnya di pegang dikit aja, udah bunyi tuh alarm…, makanya ane silent aja.
2. nah kasus ane yg kedua nih…, kalo starter di remote, kan bisa ;angsung di nyalain kan.., truz kalo persneling/gigi masuk…, terus di nyalain lewat remote.. kok bisa hidup sih.., bisa2 tuh motor ane bis loncat kalo di starter dari remote dalam keadaan gigi nya masuk…

mohon bantuannya agan2 sekalian…, ane baru 3 hari beli alarm agiva New ini (BJ999)

Herbow - 24 Desember 2012

wat agan suryadi n agan ipul menurut pengalaman ane klo mesin masih bs nyala padahal da kita gembok tu karna pemasangan kabel ada yg salah…., trus wat pertanyaan agan suryadi yg 1… mang fungsi dr silent alarm tu cuma lampu sein yg berkedip n tidak ada suaranya… tp walaupun ga da suaranya mesin ga bakal bs nyala walaupun di coba 100000x pun asal pemasangannya benar… klo pertanyaan yg ke 2 mang untuk tombol yg satu itu harus hati2… biasanya si saya selalu pake standar tengah brow n cuma pake remote wat pagi hari untuk pemanasan mesin aja……

Nichoz Ahmad - 24 Desember 2012

@suryadi,,, 1. kalao punya ane gak gtu bro,,, kalau di silent ,kunci kotak on alarm tetep nyala, di stater, stater tetep bunyi ,tpi motor gak bakalan nyala, cobain deh punya masbrow,,, pas kunci di on kan trus di stater/di engkol, kalau mesin nyala berarti ada pemasangan yg gak bener…
2. puya ane pernah tuh,,, di standar smping, gigi masuk, remote di pencet-pencet ama temen, alhasil nyala, tpi gak loncat tuh,, tpi kalau mau nyobain motor tetep di naikin ya brow, takutnya loncat beneran,, karena settingan motor kan beda beda… punya temen ane ada juga yg loncat, ndlosor dah,,, so ati ati . . .

31. yadi - 6 Januari 2013

Askum mas bro,
saya pengguna remot merk MOUSE,
kmrin sya lepas,trz pas mau psng lg g bs,
cm 3 kabel yg g tw tempat’y mas bro,
abu abu,biru,c0klat,
t0l0ng bntuan’y y mas bro,
trimakasih,

istiyadi,bengkelung nusamangir rt02 rw 05 kemranjen,bms - 13 Januari 2013

Harga kontak stater kharisma brp ya?

Anonymous - 26 Januari 2013

Agan suryadi. Untuk masalah gigi masuk bisa diatasi dengan memasang relay tambahan. Jadi starter hanya bisa berfungi jika keadaan netral.

mulyono - 22 Februari 2013

untuk cara pasang dan kendalanya mungkin sy bisa bantu,sy jual aneka merk alarm motor dari yg harga 190 sampai yg 300 juga ada,klw ada yg mau tanya silahkan aja sms di 085714618500
makasih.

32. mulyono - 22 Februari 2013

mas yadi,,,untuk kabel grey ke kabel pulser,kabel biru ke kabel flasher,kabel coklat atw oren ke kontak,,,,,tiap merk motor beda2 arti warna kabelnya

33. du - 17 Maret 2013

Gan ane punya alarm merk protaper,, ane bingung kabel orange,ping dan abu2 itu konek kemna,, mtornya Byson

34. Anonymous - 3 April 2013

alarm punyaku sudah 1th lebih masih josss. tapi aku mau tanya sob cara memperbaiki sensor getar nya gimana? soalnya alarm ku bunyi nya kalo di senggol keras. tolong di bagi ilmu nya ya. makasih sob

35. Bagas anggara - 8 April 2013

Sebulan yg lalu gw beli merk MBL dan sampai sekarang gak ada masalah.sekarang murah alarm motor dg remote,gw beli harga 125k + ongkos pasang di bengkel 30k.kt bengkel jgn beli yg merk agiva sb remote nya universal kyk remote tv.gw belinya di forum.kompas

36. LA Light - 9 April 2013

@atas
MBL recommended masbro ane pake sdh 6-7 bln yg lalu dan smp skrg ga ada mslh.tp ane belinya kemahalan euy masa sampai 350 rebong ckakakaka

Yustinus - 14 April 2013

Sekedar info masbro
Rata2 alarm motor yg beredar di indo adalah buatan china & ciri barang dr china adalah kalau qt beli dalam quantity tertentu qt bisa memilih merk sendiri,jd jgn heran kalau qt menemui alarm motor barangnya sama tp beda merk & kemasan..
Contoh beda merk tp barang nya sama:
-TYPE-R= PROTAPER=BHT BOHANTE

-MBL= X-MEN
-DLL

37. harga alarm motor x-men » Grosir Jakarta Bandung Surabaya Asli Original - 2 Agustus 2014

[…] chozinahmad.wordpress.com […]


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 156 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: