jump to navigation

Amankah Velg CastWheel ( CW ) Biasa Dipasang Ban Tubeless ? 20 Januari 2013

Posted by Nichoz Ahmad in Lain-lain, Otomotif.
trackback

coakan ban tubles

Sekitar sebulan yang lalu, saya diberi kesempatan mengikuti training di pabrik Ban . Banyak ilmu yang di dapat, Termasuk yang akan saya tuliskan dalam artikel ini.

Velg CastWheel atau biasa disingkat CW saat ini memang sudah menjadi primadona. Selain bentuknya yang keren, velg CW konon juga lebih stabil ketika dibawa riding dengan kecepatan tinggi. Alhasil, hampir semua motor keluaran baru ada versi CW nya.

Ban tubeless juga tidak kalah booming. Ban tubeless tidak memerlukan ban dalem dalam pengaplikasiannya. Sehingga lebih praktis. Ini di karenakan di dalam ban tubeless sudah di lapisi material pembuatan ban dalem. Apabila tertusuk paku, ban tidak langsung kempes sebelum paku di cabut. Tentu ini sangat membantu. Kita tidak perlu capek-capek mendorong motor sampai tukang tambal ban. Setelah sampai di tambal ban barulah paku yang menancap kita cabut.

Tidak semua velg CW bisa dipasangi ban tubeless. Ciri-ciri velg CW yang bisa dipasangi ban tubeless adalah ada sedikit coakan di sisi dalam velg. Coakan itu berfungsi untuk mengunci ban ke velg agar ban tidak terlepas (bergeser yang menyebabkan angin keluar ) dari velg ketika membawa beban berat ataupun kecepatan tinggi.

Coba bayangkan, saat motor dibawa cornering dengan kecepatan tinggi tiba-tiba saja posisi ban bergeser sehingga menyebabkan ban kehilangan angin. Pasti sangat berbahaya kan bro. Memang kasus seperti ini jarang sekali.

Photo-0194

Ada cerita dari temennya temen saya ( ribet banget :mrgreen: ) .Waktu itu motor di bawa boncengan bertiga. Ban menggunakan tipe tubeless akan tetapi menggunakan velg versi yang biasa (bukan velg tubeless). Ketika di bawa jalan tiba-tiba ada bunyi “DEploook” dari belakang. Setelah dilihat ternyata Ban telah keluar dari velg. Untung kecepatan motor relatif pelan. Alangkah bahayanya ketika dibawa riding dengan kecepatan tinggi.

Memang dari bengkel / toko ban mengatakan kalau velg CW biasa aman bila di pasangi ban tubeless. Namun dari pihak pabrikan ban sendiri ternyata tidak menganjurkan. Malahan sang trainer waktu itu mengatakan, “tolong sebarkan ini kepada keluarga dan teman teman kalian “.

Apabila tetap memaksakan ingin memakai ban tubeless ada syaratnya. Yaitu harus tetap memakai ban dalem. Kelihatan mubazir yah ? Yah,, memang seperti itu. Yang penting kan tetep safety. Lagian harga ban dalem kan tidak semahal velg tubeless :-D .

*)Maaf belum dapet gambar velg nya bro :-D

Semoga bermanfaat…

About these ads

Komentar»

1. dhanicsetio - 20 Januari 2013

inpoh apik

Nichoz Ahmad - 20 Januari 2013

sip kang :-D

2. Erit07 - 20 Januari 2013

Mantap,ban memang penting. .

Nichoz Ahmad - 20 Januari 2013

penting banget bro,,, kalo gak ada ban motor gak bia ggelnding :mrgreen:

3. #99 bro. - 20 Januari 2013

selalu cek tekanan angin..

4. An_Syahri - 20 Januari 2013

Jenengan dah balik ke Cikarang lagi to mas…?

5. ipanase - 20 Januari 2013

coakannya mana yaa

Nichoz Ahmad - 20 Januari 2013

ng bogor mas , , , ke Ckarang cuma maen,,, :-D

Nichoz Ahmad - 20 Januari 2013

betul bro , , , kalau perlu selalu bawa preasure gauge .. .

An_Syahri - 20 Januari 2013

ooo… kirain balik ke cikarang lg mas…

Nichoz Ahmad - 20 Januari 2013

Gak punya gambarnya pan,,, ada coakanya dikit pokoknya,,, disisi dalem . . coba cek di megyson ehh,,, byson maksudnya :-D

ipanase - 20 Januari 2013

josssssssssssssssssssssssssssssssssssss

6. marga - 20 Januari 2013

tetep irc 90/90 14″ :mrgreen:

7. kentadis - 20 Januari 2013

pencerdasan otomotif.
like this!

8. jtxtop - 20 Januari 2013

Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

9. apriantoblog - 20 Januari 2013

modivikasi ban itu bikin puyeng gan, ga bisa setengah setengah, kalo mau setengah setengahpun resiko besar banget, mending kalo modivikasi kaki kaki belakangan aja dah, modivikasi yang lain dulu

bayangkan ganti ban ya harus ganti velg, velg berkualitas itu mahal pula, apa lagi tipe velg lebar dan pasti belum tentu aman di gunakan, kalo velg kecilbanyak yang murah, tapi ya itu kualitas velg di pertanyakan

kalo mau modivikasi velg+ban mending siapin angaran setengah harga motor kita dah, cari velg berkualitas, ban berkualitas, ukuran ga ane permasalahin, yang di permasalahin kualitas sih, daripada di bela belain beli velg murah, entar pecah waktu di jalan? apa ga kalah alay

kalo mau velg murah bisa resmi atpm tuh, kalo bisa dari merk build up aja, velg sama ban mah jangan main main, asal mikir gede gini pasti selamat, ga tentu bro

Nichoz Ahmad - 20 Januari 2013

untung ane gak suka modif kyak gtuan,,, kalau modip elektronika demen … :-D

Nichoz Ahmad - 20 Januari 2013

sip :-D

Nichoz Ahmad - 20 Januari 2013

FDR Evo 90/80 :-D

apriantoblog - 21 Januari 2013

itu paling puyeng tuh modivikasi ban, apa lagi kalo masalah cari velg berkualitas, kalo ban bisa lah cari yang berkualitas, kalo velg, tau ga nya merek palsu kan susah,

10. Maskur - 21 Januari 2013

Motorku MX CW 2007 bisa dipasangi tubeless ora

11. gafuri46 - 21 Januari 2013

Ane sdh 2 tahunan pakai ban tubless di vario, alhamdulillah aman2 saja..

12. jofrin - 21 Januari 2013

mungkin lebih baik gambar coakan yg dimaksud bisa diupload biar semua bisa tahu….artikel pencerahan nech

13. asdf - 21 Januari 2013

walah baru bulan kemarin beli ban tubeless buat mio, kirain cukup dengan velg cw biasa. ternyata engga bisa, kalo di pasang ban dalem sayang juga ya..

14. Suwardi - 21 Januari 2013

Patut di coba juga nich…
Nice Info kawan….

15. sirio110 - 22 Januari 2013

keras yang ada masbro(pengalaman), kalo dipakaikan ban dalam…..kudu ukur terus pas ngisi anginne….

16. Nofgi - 24 Januari 2013
17. rpm-speed - 26 Februari 2013

ane pake velg aftermarket merk sprint th 2008an seharga 315rb buat supra 125 lama. trus tak pasang ban tubeless fdr genzi tanpa ban dalam. alhamdulilah 4 th gak ada masalah, cuman th ke3 tak pasang ban dalam soalnya dah tipis. th ke 4 tak ganti deh bannya karena dah tipis banget.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 155 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: